Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Editorial » Indi Astuti, Bukti Kualitas Supporter Indonesia

Indi Astuti, Bukti Kualitas Supporter Indonesia

(2568 Views) Juni 5, 2016 5:17 pm | Published by | No comment

Indi Astuti

Champions.id, Malang – Dewasa ini, perkembangan teknologi semakin pesat. Salah satu buktinya adalah munculnya berbagai medium di internet yang dapat digunakan untuk mengekspresikan kesukaan, harapan, hingga perasaan.

Fans sepakbola di seluruh dunia pun coba memanfaatkan perkembangan ini untuk menunjukkan kecintaan terhadap klub yang didukung.

Mereka membuat berbagai macam karya kreatif yang dapat ditemukan dengan mudah di media sosial seperti instagram, twitter, blog, dan facebook.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah akun instagram bernama @indikimz.

Begitu membuka akun Instagram miliknya, pengunjung dapat langsung menyimpulkan bahwa ia merupakan seorang fans Bayern Munchen.

Bagaimana tidak, foto-foto yang ia posting, kalau tidak bertema merah, berarti putih atau hitam –yang kita tahu merupakan warna jersey Bayern.

Foto-foto yang ia posting, bukan sembarang merah, putih, atau hitam, melainkan fan art kreatif tentang Bayern yang dibuat dengan pensil warna.

Art Indikimz

Adalah Indi Astuti, perempuan kelahiran Bandar Lampung, 26 Maret 1985. Ia merupakan seorang football fan artist yang beberapa waktu lalu diundang ke Allianz Arena, markas Bayern Munchen.

Bayern mengundang Indi dalam rangka FC Bayern Fan Awards. Indi sendiri terpilih menjadi salah satu nominator karena karya-karya kreatif yang ia hasilkan.

“Bayern mengadakan FCB Fan Award untuk yang pertama kalinya dalam dunia sepakbola. Ini dilakukan dengan tujuan mencari para fans Munchen yang terbaik dari seluruh dunia. Saya adalah salah satu nominasinya,” kata Indi via surat elektronik.

Indi bercerita, ia mendapatkan surat elektronik dari pihak Bayern yang berisi pemberitahuan dan ucapan selamat karena ia masuk sebagai salah satu nominasi dan diharapkan bisa menghadiri acara penghargaan tersebut.

Selama di Munich, kegiatan Indi adalah menghadiri acara penghargaan FC Bayern Fan Awards itu sendiri. Ia bertemu dengan beberapa legenda Bayern, seperti Hermann Gerland.

Ia juga sempat bertemu dengan Philipp Lahm yang merupakan juri sekaligus bintang tamu dalam acara tersebut.

“Saya juga diundang untuk menonton pertandingan terakhir Bayern, yakni ketika menghadapi Hannover yang diakhiri dengan skor 3-1. Keesokan harinya, saya ikut merasakan perayaan gelar juara Bundesliga dengan di pusat kota Munich,” kenang Indi.

Selain  Philipp Lahm dan Hermann Gerland, Indi juga bertemu dengan mantan pemain Bayern yang juga menjadi juri di ajang FCB Fan awards tersebut, Hassan ‘Brazzo’ Salihamidzic serta legenda yang sekarang menjabat sebagai petinggi Bayern, Herr Aumann.

Indi Astuti with Herr Aumann

“Pengalaman menarik selama di sana banyak sekali dan membuat saya sangat terkesan. Salah satunya adalah saat menonton pertandingan Bayern secara langsung. Euforia Allianz Arena membuat goosebumps. Bulu kuduk saya merinding sepanjang laga. Para pendukung Bayern terus-menerus bernyanyi dengan sangat kompak dan menghibur,” ujarnya.

Indi melanjutkan, pengalaman menarik lainnya adalah bisa bertemu dengan nominator lain dari berbagai negara dan bisa mengenal mereka satu persatu.

“Saya tidak pernah menyangka karya yang saya hasilkan akan diapresisi se-luarbiasa ini,” ungkapnya lagi.

Perempuan yang mengidolai Thomas Muller dan Manuel Neuer ini mulai menggambar Bayern Munchen sejak Maret 2015.

Ia mengatakan, motivasi utama menggambar untuk Bayern adalah karena ia ingin menghibur seluruh pendukung Bayern yang ada di seluruh dunia. Selain itu, Indi juga ingin menghibur dan menunjukkan jati dirinya sebagai pendukung Bayern Munchen.

Begitu banyak pengalaman menarik Indi semenjak ia menggambar karya-karya bertema Bayern. Salah satunya adalah gambar pertama Indi yang di-repost oleh akun instagram Bayern yang membuat ia dikenal oleh komunitas Bayern di seluruh dunia.

Art Indikimz 2

Selain itu, ada beberapa pemain yang juga sering me-repost atau mengambil gambar karya Indi untuk keperluan mereka.

“Baru-baru ini, pihak Bayern menghubungi saya untuk mengenal pribadi saya lebih jauh dan me-request sebuah gambar untuk pertandingan Bundesliga,” ujar pemilik akun Instagram dengan 14.500 followers ini.

Apa yang ditunjukkan Indi ini merupakan bukti betapa supporter di Indonesia patut diperhitungkan. Tidak hanya unggul dalam segi kuantitas, namun supporter di Indonesia mampu membuat karya kreatif nan berkualitas yang diakui pencinta sepak bola di seluruh dunia.

Sumber foto: dokumentasi pribadi

This post was written by Angga Septiawan Putra
About

M. Angga Septiawan Putra, mahasiswa Jurnalistik Fikom Unpad pencinta Bayern Munchen. Beredar di dunia virtual dengan akun @sptwn_