Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Liga Inggris » Menilik Kekuatan Leicester City, Sang Pemuncak Klasemen Liga Inggris

Menilik Kekuatan Leicester City, Sang Pemuncak Klasemen Liga Inggris

(911 Views) Februari 10, 2016 9:35 pm | Published by | No comment

Riyad Mahrez dan jamie Vardy, Duet Maut Leicester City

Champions.id, Malang – Leicester City, klub yang musim lalu menghuni papan bawah klasemen Liga Premier Inggris dan hampir terdegradasi ke Football League Championship, kini menjelma menjadi tim penuh kejutan. Terbukti sampai dengan pekan ke-25, mereka masih kokoh di puncak klasemen liga.

Kemenangan demi kemenangan mereka raih, dengan mencatatkan 15 kemenangan, 8 seri dan hanya menelan 2 kali kekalahan dari 25 pertandingan. Sebuah pencapaian yang luar biasa bagi tim ‘kecil’ yang tidak pernah diperhitungkan sebelumnya.

Kedigdayaan anak asuhan Claudio Ranieri ini kembali mereka buktikan, setelah berhasil menumbangkan tim besar Manchester City di pekan ke-25. Di pertandingan tersebut, Leicester City menang dengan skor cukup telak 3-1 di hadapan pendukung City di Etihad Stadium.

Di pertandingan sebelumnya, The Foxes (julukan Leicester City), juga telah menumbangkan tim besar lainnya Liverpool dengan skor meyakinkan 2-0. Pada pertandingan ini kita bisa melihat bagaimana Liverpool bagaikan diajari cara bermain sepakbola yang benar oleh Jamie Vardy dkk.

Peta Kekuatan Leicester City Musim Ini

Performa Leicester City di musim ini memang terbilang konsisten. Hal ini tentunya tidak lepas dari faktor lini belakang mereka yang solid yang di komandoi oleh mantan anak asuh Ranieri waktu melatih Chelsea, Robert Huth. Terbukti juga lewat statistik mereka musim ini yang hanya menelan 2 kali kekalahan.

Robert Huth Setelah mencetak Gol Pertama Ke gawang Joe Hart

Jika dilihat dari pertandingan terakhir melawan Manchester City, The Foxes menegaskan ketangguhan mereka dalam menjaga struktur pertahanan yang sempit. Mencegah bola masuk melalui lini tengah dan siap menghalau tim lawan yang berusaha menggiring bola lewat tengah lapangan.

Duo N’Golo Kante dan Daniel Drinkwater menjadi pemain kunci lini tengah yang sigap menekan dan mempersempit ruang gerak lawan di lini tengah. N’Golo Kante bahkan mencatatkan rata-rata 4,1 intersepsi di setiap pertandingan dan menjadi yang terbaik di liga Inggris musim ini.

Kekuatan Leicester City selanjutnya adalah kerja keras. Rata-rata berlari para pemain mereka 110,7 km per pertandingan. Bahkan mereka mencatatkan jarak lari 4,5 km lebih jauh dari Manchester City di pertandingan sebelumnya.

Wajib baca:

Pergerakan pemain seperti Marc Albrighton, Christian Fuchs, Riyad Mahrez, dan Jamie Vardy semakin mempertegas bagaimana hebatnya kerja keras Leicester City. Mereka terus berlari nyaris sepanjang laga untuk merebut bola, sembari tetap menjaga struktur pertahanan mereka.

Terakhir, yang menjadi senjata utama The Foxes dalam membobol gawang lawan, yaitu counter attack. Serangan balik memang senjata mematikan Leicester musim ini. Selain mematikan, serangan balik mereka juga sulit diantisipasi oleh klub-klub liga Inggris lainnya. Hal ini terbukti ketika Leicester menaklukan Liverpool 2-0 di kandang.

Skema serangan balik Leicester dimulai dari Albrighton yang disiplin di sayap kiri, Vardy berkeliaran berusaha mencari celah, Mahrez diberikan sedikit kebebasan untuk menusuk, sementara Shinji Okazaki bertugas menciptakan celah. Kombinasi mereka sejauh ini sudah menghasilkan 16 gol untuk Leicester musim ini.

Hasil pertandingan melawan Manchester City di akhir pekan kemarin memang mengejutkan dan semakin mengukuhkan The Foxes sebagai salah satu kandidat kuat juara liga premier Inggris musim ini.

Tim yang bahkan memiliki harga tidak lebih mahal dari harga 1 pemain Manchester City ini juga membuktikan bahwa uang bukanlah segalanya dalam sepakbola. Mengawali musim 2015/2016 dengan skuat termurah keempat di Liga Premier Inggris, mereka berhasil menggeser beberapa tim ‘mahal’ lainnya di tabel klasemen.

Pekan depan Leicester City akan melawan tim peringkat 3, Arsenal. Laga ini sekaligus menjadi laga krusial, apakah mereka akan meraih kemenangan atau malah terjungkal di laga ini? Kita nantikan saja.

This post was written by Irvan Yale
About

Meskipun cinta Indonesia, tapi aku lebih suka nulis seputar sepakbola Liga Inggris dan Liga Spanyol. Lihat gimana permainan cantik Leicester City dan Barcelona? Manteb banget bray!